Persepsi Mahasiswa Tata Rias Dan Kecantikan Terhadap Profesi Pendidik Di Bidang Kecantikan

Miranda, Monica (2021) Persepsi Mahasiswa Tata Rias Dan Kecantikan Terhadap Profesi Pendidik Di Bidang Kecantikan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_MONICA_MIRANDA_17078079_5489_2021.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti tentang persepsi mahasiswa terhadap profesi pendidik di bidang kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan persepsi mahasiswa tata rias dan kecantikan terhadap profesi pendidik di bidang kecantikan yang dilihat dari segi kompetensi pedagogik (2) mendeskripsikan persepsi mahasiswa tata rias dan kecantikan terhadap profesi pendidik di bidang kecantikan yang dilihat dari segi kompetensi kepribadian (3) mendeskripsikan persepsi mahasiswa tata rias dan kecantikan terhadap profesi pendidik di bidang kecantikan yang dilihat dari segi kompetensi sosial (4) mendeskripsikan persepsi mahasiswa tata rias dan kecantikan terhadap profesi pendidik di bidang kecantikan yang dilihat dari segi kompetensi profesional. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah variabel tunggal. Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Tata Rias dan Kecantikan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang angkatan 2017 sebanyak 11 orang dan angkatan 2018 sebanyak 99 orang dengan total 110 orang. Teknik sampel pada penelitian ini penggunakan Purposive sampling sebanyak 91 orang. Jenis data menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuisioner yang disebarkan melalui Google Form. Uji coba instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data memanfaatkan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan ahwa mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 mayoritas persepsi mahasiswa tata rias dan kecantikan terhadap profesi di bidang kecantikan pada kategori cukup baik. Dilihat dari kompetensi pedagogik dengan rerata 158,5871 yang mencapai 14 mahasiswa (15%) dengan kategori cukup baik. Pada kompetensi kepribadian dengan rerata 74,13 yang mencapai 18 mahasiswa (20%) dengan kategori baik. Pada kompetensi sosial dengan rerata 57,802 yang mencapai 9 mahasiswa (10%) dengan kategori cukup baik. Pada kompetensi profesional dengan rerata 26,252 yang mencapai 5 mahasiswa (5%) dengan kategori kurang baik. Jadi secara keseluruhan persepsi mahasiswa tata rias dan kecantikan terhadap profesi pendidik di bidang kecantikan dominan dalam kategori “cukup baik”. Disarankan agar mahasiswa yang melakukan PPLK agar menjadikan pengalaman dan pembelajaran sehingga bisa mengabdikan diri kepada masyarakat melalui profesi pendidik supaya persepsi terhadap profesi pendidik di bidang kecantikan lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Oct 2022 01:22
Last Modified: 10 Oct 2022 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40213

Actions (login required)

View Item View Item