Pengaruh Variasi Ukuran Gear Sprocket Sepeda Motor Pengangkut Buah Kelapa Sawit Terhadap Konsumsi Bahan, Knocking, Dan Keausan Gear Sprocket

Saputra, Dedi (2022) Pengaruh Variasi Ukuran Gear Sprocket Sepeda Motor Pengangkut Buah Kelapa Sawit Terhadap Konsumsi Bahan, Knocking, Dan Keausan Gear Sprocket. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_DEDI SAPUTRA_18073034_2164_2022.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh variasi ukuran gear sprocket sepeda motor pengakut buah kelapa sawit terhadap konsumsi bahan bakar, adanya ketukan pada mesin atau knocking, dan keausan yang terjadi pada gear sprocket dengan menggunakan empat variasi ukuran yaitu variasi standar 37T/14T dan variasi modifikasi 36T/15T, 40T/14T, 45T/12T. Tujuan penelitian ini adalah memberikan informasi kepada masyarakat yang melakukan modifikasi sepeda motor pelangsir buah kelapa sawit pada gear sprocket mana yang paling efisien konsumsi bahan bakarnya digunakan sehari-hari dalam bekerja melangsir buah sawit. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Objek penelitian ini adalah sepeda motor Honda Revo Absolute 110cc tahun 2010. Pada pengujian gear sprocket yang dilakukan diperoleh hasil pada variasi ukuran gear sprocket 36T/15T volume bahan bakar terpakai sebanyak 357,33 ml, pada variasi ukuran gear sprocket 37T/14T volume bahan bakar terpakai sebanyak 345,66 ml, pada variasi ukuran gear sprocket 40T/14T volume bahan bakar terpakai sebanyak 322 ml, dan pada variasi ukuran gear sprocket 45T/12T volume bahan bakar terpakai sebanyak 372 ml. Setelah dilakukan uji keausan pada setiap gear sprocket setelah dipakai sejauh 30 km didapatkan hasil pengujian keausan, yaitu pada ukuran gear sprocket 36T/15T terjadi keausan seberat 5 gram, ukuran gear sprocket 37T/14T terjadi keasusan seberat 10 gram, ukuran gear sprocket 40T/14T terjadi keausan seberat 5 gram, dan pada ukuran gear sprocket 45T/12T terjadi keausan seberat 10 gram. Bedasarkan hasil dari pengujian konsumsi bahan bakar, knocking, dan pengujian keausan gear sprocket dengan variasi gear sprocket 36T/15T, 37T/14T, 40T/14T, dan 45T/12T, didapatkan jawaban dari pertanyaan penelitian sebagai berikut: Penggunaan ukuran gear sprocket yang bervariasi memberikan pengaruh terhadap julah konsumsi bahan bakar, hal dibuktikan dengan hasil pengujian konsumsi bahan bakar yang berbeda pada setiap ukuran gear sprocket. Setelah melakukan pengujian, pengguaan ukuran gear sprocket yang bervariasi memberikan efek knocking pada mesin, ukuran gear sprocket yang terlalu kecil mengakibatkan adanya knocking pada mesin. Setelah melakukan pengujian keasuasan, didapatkan data hasil keuasan yang berbeda pada setiap ukuran gear sprocket. Setelah selesai melakukan gear sprocket yang paling efektif digunakan yaitu pada variasi 40T/14T. Karena hasil penelitian menunjukkan bahwa volume bahan bakar paling sedikit terpakai dengan rata-rata volume bahan bakar tepakai 322 ml dalam jarak 10 km, hasil pengujian yang dihasilkan yaitu 31,05 km/l, juga tidak ada knocking pada mesin saat berjalan normal maupun saat akselerasi, dan data keausan setelah berjalan sejauh 30 km 5 gram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Oct 2022 01:10
Last Modified: 10 Oct 2022 01:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40209

Actions (login required)

View Item View Item