Pengaruh Pendekatan Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Survey dan Pemetaan Topografi

Ranasta, Avinda Lia (2022) Pengaruh Pendekatan Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Survey dan Pemetaan Topografi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_AVINDA_LIA_RANASTA_16061028_5555_2022.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Dunia sedang dihadapkan dengan fenomena yang dinamakan corona virus atau Covid-19 yang berdampak pada sistem pendidikan. Lembaga pendidikan kemudian mengimplementasikan model blended learning dengan pendekatan flipped classroom. Penelitian eksperimen semu ini dilakukan dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini sebanyak 29 mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang angkatan 2020 dan 2021 . Berdasarkan perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 4.451, dimana nilai tersebut besar dari t tabel 2.052. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan flipped classroom berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa mata kuliah Survey dan Pemetaan Topografi, karena kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) yang ada pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yaitu memiliki kemampuan menggunakan alat ukur penyipat ruang/theodolite dalam pengukuran jarak, sudut dan beda tinggi, maka pendekatan flipped classroom berpengaruh terhadap hasil belajar mata kuliah Survey dan Pemetaan Topografi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Oct 2022 01:09
Last Modified: 10 Oct 2022 01:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40206

Actions (login required)

View Item View Item