Hubungan Antara Kesadaran Ibu-Ibu Balita Dengan Keaktifannya Mengikuti Kegiatan Posyandu Tulip I Nagari Muaro Sakai Kabupaten Pesisir Selatan

Pratiwi, Suci (2022) Hubungan Antara Kesadaran Ibu-Ibu Balita Dengan Keaktifannya Mengikuti Kegiatan Posyandu Tulip I Nagari Muaro Sakai Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_04_SUCI_PRATIWI_17005042_3480_2022.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaktifan ibu-ibu balita dalam kegiatan Posyandu Tulip 1 Nagari Muaro Sakai. Hal ini diduga karena rendahnya kesadaran ibu-ibu dalam kegiatan posyandu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat : 1) gambaran kesadaran ibu-ibu balita dalam pelaksanaan kegiatan di posyandu Tulip I Nagari Muaro Sakai Kabupaten Pesisir Selatan, 2) gambaran keaktifan ibu-ibu balita dalam kegiatan di Posyandu Tulip I di Nagari Muaro Sakai Kabupaten Pesisir Selatan, 3) hubungan antara kesadaran ibu-ibu balita dengan keaktifannya mengikuti kegiatan Posyandu Tulip I di Posyandu Tulip I Nagari Muaro Sakai Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis korelasional yang bertujuan menguji hubungan antara kesadaran ibu-ibu balita dengan keaktifannya mengikuti kegiatan Posyandu. Populasi penelitian ialah seluruh ibu yang memiliki anak balita di Nagari Muaro Sakai yang berjumlah 105 orang dan terdaftar di tahun posyandu Tulip I 2020/2021, teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling dan diambil sebanyak 50% yaitu 52 orang. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan Product Moment. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Gambaran kesadaran ibu-ibu balita mengikuti kegiatan posyandu tulip I Nagari Muaro Sakai Kabupaten Pesisir Selatan dikategorikan rendah; 2) Gambaran keaktifan ibu-ibu balita dalam mengikuti kegiatan posyandu tulip I Nagari Muaro Sakai Kabupaten Pesisir Selatan dikategorikan rendah, dan; 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kesadaran ibu-ibu balita dengan keaktifannya mengikuti kegiatan Posyandu Tulip 1 Nagari Muaro Sakai Kabupaten Pesisir Selatan. Selanjutnya saran kepada kader posyandu diharapkan dapat meningkatkan pelayanan pada kegiatan posyandu dan memberikan arahan kepada orang tua anak agar memiliki kesadaran tentang pentingnya posyandu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran; Keaktifannya
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Oct 2022 01:38
Last Modified: 07 Oct 2022 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40198

Actions (login required)

View Item View Item