Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas V SD Negeri 05 Salido Ketek

Sri Rahmadani,, Sri Rahmadani, (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas V SD Negeri 05 Salido Ketek. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_SRI_RAHMADANI_16129408_3870_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada yakni menunjukkan bahwa guru masih mendominasi pembelajaran sehingga peserta didik belum mampu berfikir aktif dalam pembelajaran tematik terpadu dan menyebabkan masih rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil pembelajaran tematik dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS).Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik di kelas V SD Negeri 05 Salido Ketek yang berjumlah 21 orang peserta didik, 9 orang perempuan dan 12 orang laki-laki.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan RPP siklus I rata-rata 86,10% dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan kualifikasi (SB). Pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I rata-rata 81,42% dengan kualifikasi (B) meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan kualifikasi (B). Pada aktivitas peserta didik siklus I rata-rata 81,24% dengan kualifikasi (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan kualifikasi (B). Pada hasil belajar peserta didik siklus I rata-rata 75,20 dengan kualifikasi (C) meningkat pada siklus II menjadi 89,76 dengan kualifikasi (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajara tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Tematik Terpadu, Think Pair Share (TPS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Oct 2022 01:37
Last Modified: 07 Oct 2022 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40196

Actions (login required)

View Item View Item