Pengaruh E-Money, Literasi Ekonomi, dan Pendapatan Orang Tua terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Maulidina, Yuriza (2022) Pengaruh E-Money, Literasi Ekonomi, dan Pendapatan Orang Tua terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_YURIZA_MAULIDINA_17053104_17_2022.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi telah mendorong perilaku konsumtif masyarakat di berbagai kalangan. Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNP memiliki perilaku konsumtif yang ditandai dengan cukup besarnya pengeluaran dan alokasinya per bulan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-money, literasi ekonomi dan pendapatan orang tua terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi UNP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Desain penelitian ini merupakan penelitian kausal. Penelitian kausal digunakan untuk menjelaskan pengaruh perubahan suatu variabel terhadap perubahan variabel lain. Teknik pengumpulan data berupa angket, tes, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 133 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) e-money berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FE UNP, 2) literasi ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FE UNP, 3) pendapatan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FE UNP, dan 4) e-money, literasi ekonomi, dan pendapatan orang tua secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FE UNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERILAKU KONSUMTIF, E-MONEY, LITERASI EKONOMI
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Oct 2022 01:33
Last Modified: 07 Oct 2022 01:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40183

Actions (login required)

View Item View Item