Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Lembah Gumanti

Husna, Mila Nurul (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Lembah Gumanti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MILA_NURUL_HUSNA_18029109_4805_2022.pdf

Download (852kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika pada dasamya merupakan tujuan utama proses pembelajaran. Namun kenyataannya Hasil belajar matematika peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Lembah Gumanti masih rendah hal ini sebabkan karena aktivitas belajar yang dilakukan peserta didik kurang baik selama pembelajaran dan juga model yang diterapkan tidak membuat pembelajaran berpusat pada peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik selama diterapkannya model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) di kelas XI MIPA SMAN 1 Lembah Gumanti dan mengetahui apakah Hasil belajar matematika peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih baik dari pada Hasil belajar matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran langsung pada peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Lembah Gumanti. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu ( quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian menggunakan Non-equivalent Postest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Lembah Gumanti Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes akhir Hasil belajar matematis berbentuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Berdasarkan rata-rata hasil belajar pada tes akhir menunjukkan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas control yaitu 78,21 kelas eksperimen dan 71,55 untuk kelas control serta berdasarkan uji hipotesis menggunkan uji -t diperoleh P-value < a yaitu 0,039 artinya terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Hasil belajar matematis peserta didik, sehingga Hasil belajar matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih baik dari pada Hasil belajar matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:11
Last Modified: 06 Oct 2022 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40155

Actions (login required)

View Item View Item