Pengaruh Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2010-2019

Falujah, Tanti Maidar (2022) Pengaruh Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2010-2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_TANTI_MAIDAR_FALUJAH_17059209_647_2022.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2010-2019. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Governance terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan. Indikator-Indikator yang digunakan yaitu Dewan komisaris, Dewan direksi, Kepemilikan Institusional dan Komite Audit sebagai variabel independen serta kinerja keuangan perusahaan sebagai variabel dependen yang di ukur menggunakan ROA dan ROE. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 10 perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) mulai dari tahun 2010-2019 dengan metode Purposive Sampling. Sumber data dari penelitian ini adalah annual reporttahunan perusahaan dan termasuk kedalam data sekunder serta menggunakan metode analisis yaitu analisis data regresi berganda. Berdasarkan hasil dari uji t dan uji F, penelitian ini membuktikan bahwa variabel dewan komisaris, memiliki pengaruh terhadap ROA dan tidak memiliki pengaruh terhadap ROE. Variabel dewan direksi, kepemilikan institusional secara bersamaan memiliki pengaruh terhadap kinerja perusahaan yang diukur menggunakan ROA dan ROE. Selanjutnya, hasil dari variabel komite audit menunjukkan bahwa komite audit tidak berpengaruh terhadap ROA dan ROE.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CORPORATE GOVERNANCE, KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:08
Last Modified: 06 Oct 2022 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40148

Actions (login required)

View Item View Item