Analisis Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII pada Materi Aljabar Berkaitan dengan Konsep dan Prinsip di SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang

Anggraeni, Meisy (2022) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII pada Materi Aljabar Berkaitan dengan Konsep dan Prinsip di SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MEISY_ANGGRAENI_17029105_3126_2022.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

Anggapan matematika sebagai suatu mata pelajaran yang sukar dipahami dan dimengerti kerap kali muncul pada peserta didik dari berbagai tingkat pendidikan yang ditandai dengan rendahnya pencapaian prestasi belajar. Hal ini mengindikasikan adanya kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP dalam menyelesaikan persoalan aljabar yang berkaitan dengan konsep dan prinsip (2) faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP dalam mempelajari aljabar. Dalam penelitian ini sebanyak 51 peserta didik mengikuti tes. Dari hasil tes aljabar, tidak ada satupun nilai peserta didik yang memenuhi KBM (Kriteria Belajar Minimal). Data dikumpulkan dengan tes aljabar, angket dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP dalam menyelesaikan persoalan aljabar yang berkaitan dengan konsep dan prinsip adalah (a) di dalam penguasaan konsep, peserta didik masih banyak mengalami kesulitan pada semua indikator terutama dalam mengingat satu kondisi atau lebih yang diperlukan bagi dua atau lebih suku untuk dinyatakan sebagai suku sejenis, dimana kesulitan tersebut berada dikategori sangat tinggi yaitu 100%; (b) di dalam penguasaan prinsip, peserta didik masih mengalami kesulitan dalam menggunakan aturan operasi aljabar, menentukan model dan metode yang digunakan, serta menerapkan prinsip yang ada, yang berada pada indikator sangat tinggi yaitu 98,04%; (2) faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik SMP Pembangunan Laboratorium UNP dalam mempelajari aljabar berasal dari faktor internal, yaitu aspek bakat dan intelegensi serta faktor ekstemal, yaitu penggunaan alat peraga oleh pendidik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:24
Last Modified: 05 Oct 2022 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40129

Actions (login required)

View Item View Item