Efektivitas Ekstrak Daun Mengkudu (Marinda citrifolia L.) sebagai Antifungi Terhadap Pertumbuhan Sclerotium rolfsii secara In Vitro

Utami, Marsha Dwi (2022) Efektivitas Ekstrak Daun Mengkudu (Marinda citrifolia L.) sebagai Antifungi Terhadap Pertumbuhan Sclerotium rolfsii secara In Vitro. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_Marsha_Dwi_Utami_18032087_3246_2022.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Salah satu patogen yang dapat menyebabkan penyakit pada tanaman seperti busuk batang, layu dan rebah kecambah adalah jamur Sclerotium rolfsii. Pada lahan yang ditanami secara terns menerus dengan tanaman inang dari S. rolfsii akan beresiko tinggi terserang oleh S. rolfsii yang dapat berakibat turunnya produksi tanaman. Umumnya, jamur ini dikendalikan oleh petani dengan menggunakan fungsida sintetis. Tetapi fungisida sintetis dapat menimbulkan dampak negatif seperti terjadinya pencemaran lingkungan, resistensi patogen dan terbunuhnya mikroorganisme yang bermanfaat. Altematif lain yang dapat mengendalikan jamur ini yaitu fungisida nabati. Tumbuhan yang dapat dijadikan fungisida nabati yaitu Mengkudu (Marinda citrifolia L.) yang mengandung beberapa senyawa antimikroba seperti saponin, triterpen, tanin, alkaloid, glikosida iridoid, antraquinon dan flavonoid yang dapat menghambat pertumbuhan j amur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas dan aktivitas antifungi dari ekstrak daun mengkudu dalam menghambat pertumbuhan S. rolfsii. Jenis penelitian ini eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang dilaksanakan pada November-Desember 2021 di Laboratorium Penelitian Jurusan Biologi FMIPA UNP. Perlakuan yang diberikan yaitu: Konsentrasi 0% (Kontrol), 10%, 20%, 30% dan 40%. Data diameter koloni yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan sidik ragam (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan's Multiple Range Test (DMRT). Aktivitas antijamur dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa ekstrak daun mengkudu efektif dalam menghambat pertumbuhan jamur S. rolfsii dan semua perlakuan berbeda nyata dengan kontrol. Aktivitas antifungi ekstrak daun mengkudu terhadap S. rolfsii pada konsentrasi 10%, 20% dan 30% tergolong lemah sedangkan pada konsentrasi 40% tergolong sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:23
Last Modified: 05 Oct 2022 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40127

Actions (login required)

View Item View Item