Analisis Struktur Mikro Oksida Grafena Berbahan Dasar Limbah Tongkol Jagung yang Disintesis dengan Metode Hummer Modifikasi

Sari, Istiqomah Wulan (2022) Analisis Struktur Mikro Oksida Grafena Berbahan Dasar Limbah Tongkol Jagung yang Disintesis dengan Metode Hummer Modifikasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ISTIQOMAH_WULAN_SARI_18034083_4579_2022.pdf

Download (537kB) | Preview

Abstract

Tongkol jagung memiliki kandungan senyawa karbon yang cukup tinggi yang mengindikasikan bahwa tongkol jagung berpotensi sebagai bahan pembuat arang aktif. Tongkol jagung yang telah diproses menjadi arang melalui proses pembakaran dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan nanoteknologi khususnya dalam mensistesis oksida grafena (GO). GO memiliki banyak pengaplikasian yang salah satunya yaitu superkapasitor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur mikro oksida grafena berbahan dasar limbah tongkol jagung yang disintesis dengan metode Hummer Modifikasi. GO disintesis menggunakan variasi temperatur pembakaran yaitu 300QC, 350 QC, 400 QC, dan 450QC dengan lama waktu pembakaran 30 menit. Oksidator yang digunakan untuk mensintesis GO yaitu KMN04, H2S04, dan NaN03. FTIR, XRD dan SEM merupakan alat yang digunakan untuk mengkarakterisasi oksida grafena(GO) berbahan dasar limbah tongkol jagung ini. Hasil pengujian mengunakan FTIR pada sampel GO menunjukaan terbentuknya material GO dimana sampel mengandung gugus fungsi yang mengandung ikatan antara karbon (C), Hidrogen (H) dan Oksigen (0), Hasil terbaik terdapat pada GO tongkoljagung suhu 300QC dimana pada suhu ini ukuran butir kristal yaitu 40,86931 nm lebih kecil dari pada tiga suhu lainnya yang mana semakin kecil ukuran butir maka semakin luas permukaan yang membuat superkapasitor yang dihasilkan semakin baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:22
Last Modified: 05 Oct 2022 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40126

Actions (login required)

View Item View Item