Pengembangan E-Content Materi Minyak Bumi Berbasis Strategi REACT Menggunakan Platform Moodie

Sari, Intan Nofita (2022) Pengembangan E-Content Materi Minyak Bumi Berbasis Strategi REACT Menggunakan Platform Moodie. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_INTAN_NOFITA_SARI_17035097_2436_2022.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

Tantangan dunia pendidikan diera teknologi informasi saat ini adalah menyediakan pembelajaran bagi peserta didik yang tidak terbatas pada waktu dan tempat. Solusi untuk menjawab tantangan tersebut antara lain dengan pembelajaran menggunakan e-content. Tujuan penelitian rm untuk mengembangkan dan menganalisis validitas, kategori praktikalitas dan keefektivan dari e-content materi minyak bumi berbasis strategi REACT menggunakan platform moodle. J enis penelitian ini yaitu educational design research menggunakan model plomp. Uji validitas merupakan uji kevalidan produk yang dilakukan oleh enam orang validator mencakup tiga orang dosen kimia FMIPA Universitas Negeri Padang dan tiga orang guru kima di SMAN 1 2Xl 1 ENAM LINGKUNG. Uji praktikalitas dilaksanakan kepada tiga orang guru kimia serta peserta didik kelas XI MIPA. Analisis hasil validitas menggunakan indeks Aiken's V, analisis kategori praktikalitas menggunakan rumus statistik deskriptif dan analisis keefektivan menggunakan rumus N-Gain. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu e-content materi minyak bumi berbasis strategi REACT menggunakan platform moodle yang dikembangkan sudah valid dengan rata-rata nilai 0,89, sangat praktis dengan nilai kepraktisan rata-rata 93,33% serta keefektivan termasuk kategori sedang dengan nilai rata-rata 0,65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QE Geology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:14
Last Modified: 05 Oct 2022 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40125

Actions (login required)

View Item View Item