Pengembangan E-Modul Asam Basa Berbasis Pendekatan Kontekstual dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Azmi, Lutfiah (2022) Pengembangan E-Modul Asam Basa Berbasis Pendekatan Kontekstual dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Lutfiah_Azmi_20176008_4835_2022.pdf

Download (644kB) | Preview

Abstract

Era revolusi industri 4.0 merupakan era digitalisasi diberbagai bidang terutama pada bidang pendidikan sehingga dibutuhkan suatu bahan ajar yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul asam basa berbasis pendekatan kontekstual dengan strategi REACT untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, serta menentukan tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-modul yang dikembangkan. Pengembangan e-modul dilakukan melalui tahapan model pengembangan Plomp yang terdiri 3 tahap yaitu investigasi awal (preliminary research), pembuatan prototipe (prototyping phase), dan penilaian ( assesment phase). lnstrumen penilaian yang digunakan yaitu lembar observasi, angket, dan tes hasil belajar. E-modul divalidasi oleh enam orang validator ahli. Kemudian e-modul diujicobakan kepada enam orang peserta didik dan 40 orang peserta didik di SMAN 14 Padang. Hasil uji validitas dianalisis dengan formula Aiken's V. Hasil praktikalitas e-modul dianalisis dengan formula praktikalitas dan hasil uji efektifitas e-modul dianalisis dengan formula N-Gain. Hasil validitas e-modul diperoleh nilai rata-rata Aiken's V sebesar 0.85 dengan kategori valid. Hasil Praktikalitas e-modul oleh guru dan peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 0.90 dan 0,88 dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektifitas hasil belajar e-modul diperoleh nilai rata-rata N-gain sebesar 0,69 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-modul asam basa berbasis pendekatan kontekstual dengan strategi REACT untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:13
Last Modified: 05 Oct 2022 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40122

Actions (login required)

View Item View Item