Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 01 Bandar Buat.

Andriani, Liza (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 01 Bandar Buat. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_LIZA_ANDRIANI_18129189_3030_2022.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya media pembelajaran yang kurang bervariasi dan tidak berbasis IT sehingga menyebabkan pola pembelajaran yang konvensional yang mana pembelajaran berpusat kepada guru dan peserta didik hanya menerima informasi. Media pebelajaran yang cenderung digunakan adalah media pembelajaran yang terbuat dari kertas dan berupa gambar yang menjadi pajangan di ruang kelas. Sehingga, peserta didik kurang tertarik dan sulit mamahami materi pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Adobe Flash CS6 pada pembelajaran tematik terpadu yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap dalam pengembangannya, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon dan lembar evaluasi. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, dan lembar validasi ahli media/grafik. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 18 orang yang mana terdiri dari 5 Perempuan dan 13 laki-laki kelas VA SDN 01 Bandar Buat. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas 88,42% untuk media, 88,12% untuk materi dan 87,49% untuk bahasa dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon di sekolah menunjukkan bahwa media pembelajaran telah sangat praktis dengan hasil angket respon guru memperoleh presentase kepraktisan 95,83%. Sedangkan hasil angket respon peserta didik dengan presentase kepraktisan 93,88%. Hasil efektivitas media pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat efektif dengan persentase peningkatan hasil belajar peserta didik sebanyak 84% dan ketuntasan 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD telah dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:13
Last Modified: 05 Oct 2022 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40121

Actions (login required)

View Item View Item