Evaluasi Ketersediaaan Sarana dan Prasarana Praktik pada Jurusan Teknik Perbaikan Bodi Otomotif di SMK Negeri 4 Pariaman.

Pratama, Ronaldo Eko (2022) Evaluasi Ketersediaaan Sarana dan Prasarana Praktik pada Jurusan Teknik Perbaikan Bodi Otomotif di SMK Negeri 4 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_RONALDO_EKO_PRATAMA_15073077_1534_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses yang diperlukan untuk keseimbangan dan kesempurnaan dalam perkembangan individu maupun masyarakat. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada dasarnya bertujuan untuk menyiapkan tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sesuai dengan sifat spesialisasi kejuruan dan persyaratan dunia industri dan dunia usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah ketersediaan sarana prasarana praktik yang ada di workshop bodi otomotif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif adalah penelitian yang analisisnya lebih fokus pada data-data numerikal (angka). Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi, dalam metode ini yaitu mengumpulkan data, kemudian membandingkan dengan standar yang telah di tetapkan pemerintah melalui standarisasi sarana dan prasarana. Data penelitian akan diolah menjadi skala persentasi untuk mengetahui tingkat fasilitas sekolah, kemudian data akan diurutkan sesuai pemenuhannya. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang tingkat ketersediaan sarana dan prasarana praktik yang ada pada Jurusan Teknik Perbaikan Bodi Otomotif SMK Negeri 4 Pariaman. Dari penelitian yang telah dilakukan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana praktik bodi otomotif mengacu kepada uji kelayakan dimana uji tersebut berisikan sangat layak, layak, kurang layak, tidak layak, dan sangat tidak layak. Oleh karena itu pada hasil penelitian ini banyak terdapat alat yang masih kekurangan serta alat atau peralatan dengan hasil yang kurang layak. Untuk peralatan yang masih belum ada peneliti mengajukan beberapa daftar peralatan untuk memenuhi ketersediaan alat atau peralatan di SMK N 4 Pariaman dan peneliti telah membuatkan RKAS untuk mempermudah sekolah dalam pengadaaan alat yang belum ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TENAGA KERJA, SARANA DAN PRASARANA, WORKSHOP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:10
Last Modified: 05 Oct 2022 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40120

Actions (login required)

View Item View Item