Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI SMK Semen Padang

Andrivo, Khairul (2022) Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI SMK Semen Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_KHAIRUL_ANDRIVO_17067018_758_2022.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran daring menggunakan google classroom terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut kelas XI SMK Semen Padang. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Semen Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode Quasi Eksperimental Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah Kelas XI TM 2 yang berjumlah 26 orang, mendapatkan perlakuan berbeda dari pembelajaran yang biasa diterapkan sekolah yaitu pembelajaran menggunakan Google Classroom, sedangkan pada kelas kontrol yang dipilih Kelas XI TM 3 berjumlah 26 orang, mendapatkan perlakuan yang sama dengan pembelajaran yang biasa diterapkan di sekolah yaitu pembelajaran menggunakan media power point. Berdasarkan perolehan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 66,69 dan kelas kontrol sebesar 68,81. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh Sig (2-tailet) sebesar 0,155 > Sig 0,05 yang artinya H1 ditolak dan H0 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pembelajaran daring menggunakan google classroom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut kelas XI SMK Semen Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:04
Last Modified: 05 Oct 2022 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40118

Actions (login required)

View Item View Item