Pengaruh Penambahan Rempah Ketumbar ( Coriandrum Sativum L.) Terhadap Kadar Kolesterol dan Cita Rasa Rendang Daging Sapi

Putri, Indah Dwi (2022) Pengaruh Penambahan Rempah Ketumbar ( Coriandrum Sativum L.) Terhadap Kadar Kolesterol dan Cita Rasa Rendang Daging Sapi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_INDAH_DWI_PUTRI_17036117_4670_2022.pdf

Download (658kB) | Preview

Abstract

Rendang daging sapi merupakan masakan khas Minangkabau dengan bahan dasar daging sapi, santan kelapa dan dicampurkan dengan bumbu rempah­ rempah khas Minangkabau, Sumatera Barat. Dari kandungan yang terdapat pada daging sapi dan santan, banyak masyarakat berasumsi bahwa daging sapi tidak baik dikonsumsi bagi sebagian orang, terutama bagi masyarakat yang memiliki penyakit kolesterol. Ketumbar ( Coriandrum sativum L.) merupakan salah satu rempah yang dapat menurunkan kadar kolesterol karena mengandung senyawa linalool dan senyawa flavonoid diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol. Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh penambahan rempah ketumbar ( Coriandrum sativum L.) terhadap kadar kolesterol dan cita rasa rendang daging sapi. Rendang daging sapi dibuat dengan penambahan rempah ketumbar pada level: 0, 1, 2, 3, 4 dan 5 gram per 500 gram daging sapi. Kadar kolesterol ditentukan dengan metode spektrofotometer, spektronik 20 dan cita rasa dilakukan dengan uji organoleptik dengan metoda uji hedonik dengan melihat tingkat kesukaan terhadap aroma, tekstur daging, tekstur bumbu, rasa dan wama rendang daging sapi dengan 40 orang panelis mahasiswa kimia UNP 2020. Hasil penelitian diperoleh kadar kolesterol rendang daging sapi dengan penambahan rempah ketumbar per 500 gram daging sapi adalah secara umum mengalami penurunan yang signifikan (p<0.05) dan mengalami peningkatan yang signifikan (p<0.05) pada kadar kolesterol bumbu rendang terhadap rendang original. Hasil uji untuk cita rasa uji kesukaan terhadap uji wama, tekstur daging aroma dan rasa rendang daging sapi dengan penambahan rempah ketumbar secara umum disukai panelis tidak ada pengaruh yang signifikan (p>0,05) terhadap rendang original.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:23
Last Modified: 04 Oct 2022 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40105

Actions (login required)

View Item View Item