Pengaruh Perubahan Sudut Primary Pulley dan Roller Tipe Sliding terhadap Torsi dan Daya pada Sepeda Motor Honda Vario 110 Fi Tahun 2017.

Fazlan, Fazlan (2022) Pengaruh Perubahan Sudut Primary Pulley dan Roller Tipe Sliding terhadap Torsi dan Daya pada Sepeda Motor Honda Vario 110 Fi Tahun 2017. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_FAZIAN_17073014_587_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang pengaruh perubahan sudut primary pulley dan menggunakan roller tipe sliding terhadap torsi dan daya pada sepeda motor honda vario 110 fi tahun 2017 dengan merubah sudut primary pulley standar 15° menjadi 13° serta menggunakan tiga jenis roller yaitu roller standar, roller tipe sliding 10 gram dan 12 gram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perubahan sudut primary pulley modifikasi dan roller tipe sliding terhadap torsi dan daya yang dihasilkan sepeda motor honda vario 110 Fi tahun 2017 dengan jenis penelitian ini adalah eksperimen. Peda penggunaan primary pulley standar dan roller standar didapat Torsi sebesar 7,20 Nm dan Daya 8,57, Pada Primary Pulley Modifikasi dan Roller Tipe Slidng 10 Gram didapat Torsi sebesar 5,89 dan Daya sebesar 8,69, pada Primary Pulley Modifikasi dan Roller tipe sliding 12 gram didapat Torsi 6,45 dan Daya 9,17. Pada primary pulley standar memiliki torsi yang lebih besar dikarenakan konstruksi sudut primary pulley yang lebih besar dan roller yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan sepeda motor tersebut. Pada primary pulley modifikasi dan roller tipe sliding terjadi peningkat Daya dikarnakan sudut primary pulley telah dirubah menjadi yang lebih kecil serta didukung dengan konstruksi roller tipe sliding 12 gram. Setelah melalui uji T dengan taraf signifikan 5% didapatkan hasil torsi pada perlakuan perubahan sudut primary pulley dan menggunakan roller tipe sliding 10 gram dan 12 gram signifikan, primary pulley modifikasi dan roller tipe sliidng 10 gram dan primary pulley modifikasi 12 gram tidaklah signifikan. Hasil Daya pada perlakuan perubahan sudut primary pulley dan roller tipe sliidng 10 gram dan 12 gram tidaklah signifikan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada sepeda motor Honda Vario Fi tahun 2017 terdapat pengaruh peningkatan yang signifikan pada daya torsi dan daya sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan primary pulley modifikasi dan roller tipe sliding 10 gram atau 12 gram lebih baik dari hasil saat menggunakan primary pulley standar dan roller standar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PRIMARY PULLEY, SEPEDA MOTOR, TORSI DAN DAYA
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:23
Last Modified: 04 Oct 2022 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40104

Actions (login required)

View Item View Item