Pengembangan Panduan Teknis Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Literasi Kimia pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X SMA/MA

Fitri, Fhira Aulia (2022) Pengembangan Panduan Teknis Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Literasi Kimia pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Fhira_Aulia_Fitri_17035063_2539_2022.pdf

Download (572kB) | Preview

Abstract

Pada abad-21 dibutuhkan sebuah panduan teknis pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Solusinya dengan mengembangkan panduan teknis pembelajaran project based learning berbasis literasi kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menentukan tingkat validitas panduan teknis pembelajaran project based learning berbasis literasi kimia pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian Educational Design Research (EDR) dengan menggunakan model Plomp dan pengolahan data validitas mengunakan rumus Aiken's V. Uji validitas panduan dilakukan oleh lima orang validator dan uji one to one evaluation oleh tiga orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas konten dan angket validitas konstruk. Berdasarkan hasil pengolahan data dari angket validitas konten dengan tujuh aspek penilaian, yaitu introduction 0,88, task 0,87, resources 0,90, process 0,88, guidance and scaffolding 0,90, cooperative/collaborative learning 0,90 dan reflection 0,85. Hasil pengolahan data angket validitas konstruk dengan empat aspek penilaian, yaitu komponen isi 0,94, komponen kebahasaan 0,83, komponen penyajian 0,85, dan komponen kegrafikkan 0,83. Berdasarkan basil penelitian yang telah dilakukan panduan teknis pembelajaran project based learning berbasis literasi kimia pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X SMA/MA telah dikembangkan dengan kategori valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:21
Last Modified: 04 Oct 2022 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40092

Actions (login required)

View Item View Item