Pengaruh Penguasaan Program AutoCAD terhadap Kelancaran Pelaksanaan PLI Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP

Vernando, Jimmy (2022) Pengaruh Penguasaan Program AutoCAD terhadap Kelancaran Pelaksanaan PLI Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_JIMMY_VERNANDO_16061074_505_2022.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya mahasiswa yang mengalami hambatan dalam menerapkan materi program AutoCAD pada saat pelaksanaanPLI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penguasaan Program AutoCAD terhadap kelancaran pelaksanaan PLI mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunanangkatan 2016 dan 2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kuatitatif. Responden adalah 43 orang mahasiswa’Prodi Pendidikan ‘Teknik Bangunan ;angkatan’ 2016 dan 2017 yang’ telah ;selesai‘melaksanakan; PLI dan mengaplikasikan program AutoCAD pada saat pelaksanaan PLI. Data penelitian dikumpulkan melalui Google Form yang diberikan kepada mahasiswa secara online melalui media sosial WhatsApp. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan tentang penguasaan program AutoCAD terhadap kelancaran pelaksanaan PLI mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penguasaan program AutoCAD umumnya berada pada kategori baik (79,1%). Begitu pula untuk variabel kelancaran pelaksanaan PLI,juga umumnya berada pada kategori baik (65,1%). Uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan dari penguasaan program AutoCADterhadap kelancaran pelaksanaan PLI mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP, dibuktikan dengan nilai koefisien sig.(2-tailed) diperoleh sebesar 0,000 < nilai α 0,05, dan nilai koefisien pearsoncorrelation (rxy) sebesar 0,729> 0,301. Uji tdengan nilai thitung sebesar 6.616 > 1.681 menunjukkan terdapat pengatuh penguasaanprogram AutoCADterhadapkelancaran pelaksanaan PLI. Nilai sig0,000 < nilai α 0,05, yang berarti pengaruh tersebut signifikan.Dari hasil perhitungan koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa penguasaan program AutoCAD berpengaruh sebesar 53,14% terhadap kelancaran pelaksanaan PLI.Dengan demikian Ho ditolakdan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:07
Last Modified: 04 Oct 2022 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40062

Actions (login required)

View Item View Item