Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di SMA SDI Silungkang

Damira, Damira (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di SMA SDI Silungkang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_DAMIRA_18031036_2990_2022.pdf

Download (613kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang hams dimiliki peserta didik. Keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas XI IPA di SMA SDI Silungkang masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh guru belum menerapkan prinsip student center secara optimal karena sulit melakukan variasi model pembelajaran di kelas. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran lnkuiri Terbimbing terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran Biologi di SMA SDI Silungkang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA SDI Silungkang yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA A sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA B sebagai kelas eksperimen. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh yang kemudian ditentukan dengan cara pengundian. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal berupa soal uraian. Analisis data menggunakan uji One-Way ANCOVA. Berdasarkan hasil penelitian diketahui keterampilan berpikir kreatif peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan nilai rata-rata tes keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen (75,00) dan kelas kontrol ( 61, 14). Analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,050. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Oct 2022 01:56
Last Modified: 03 Oct 2022 01:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40043

Actions (login required)

View Item View Item