Pengaruh Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Dividen dan Financial Leverage Terhadap Praktik Income Smoothing

Mulia, Yudi Suci (2022) Pengaruh Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Dividen dan Financial Leverage Terhadap Praktik Income Smoothing. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_YUDI_SUCI_MULIA_15053054_1380_2022.pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

Laporan keuangan merupakan salah satu media yang digunakan untuk menilai kinerja perusahaan. Laporan laba rugi adalah salah satu komponen dari laporan keuangan yang paling diperhatikan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Fluktuasi laba yang berlebihan setiap tahunnya akan menurunkan kinerja manajemen baik dimata pemilik ataupun pihak luar. Untuk menghindari fluktuasi laba tersebut salah satu cara yang dilakukan oleh manajer adalah dengan praktik income smoothing. Pada pnelitian ini untuk mengukur income smoothing digunakan indeks eckel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh nilai perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas, kebijakan dividen dan financial leverage terhadap praktik income smoothing. Jenis penelitian ini bersifat kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan indeks LQ45 yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2017. Pemilihan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan 21 sampel terpilih. Jenis data dalam penelitian ini adalah data skunder yang diperoleh melalui situs Indonesia Stock Exchange (IDX). Metode analisis yang digunakan adalah regresi logistik menggunakan SPSS Versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai perusahaan danfinancial leverage tidak berpengaruh terhadap praktik income smoothing,2) Ukuran perusahaan, profitabilitas, kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap praktik income smoothing, 3) Secara keseluruhan nilai perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas, kebijakan dividen dan financial leverage berpengaruh signifikan terhadap praktik income smoothing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Oct 2022 01:54
Last Modified: 03 Oct 2022 01:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40036

Actions (login required)

View Item View Item