Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik kelas VIII SMPN 1 Lubuk Sikaping Tahun Pelajaran 2021/2022

Putri, Chyntia Ersa (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik kelas VIII SMPN 1 Lubuk Sikaping Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_CHYNTIA_ERSA_PUTRI_17029088_3364_2022.pdf

Download (792kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan aspek penting yang hams dicapai dalam pembelajaran matematika. Namun pada hasil observasi di kelas VII SMPN 1 Lubuk Sikaping Tahun Pelajaran 2020/2021 yang mana peserta didik tersebut sudah berada di kelas VIII Tahun Pelajaran 2021/2022. Kemampuan pemahaman konsep matematis belum sepenuhnya dikuasai oleh peserta didik. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dapat berkembang serta menganalisis dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menerapkan model Learning Cycle 7E lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 1 Lubuk Sikaping. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII. I sampai VIII. IO SMPN 1 Lubuk Sikaping yang terdaftar pada Tahun Pelaj aran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga terpilih peserta didik kelas VIII.9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII. IO sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir yang dianalisis menggunakan uji hipotesis, yaitu uji U Mann Whitney. Berdasarkan hasil kuis diperoleh bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMPN 1 Lubuk Sikaping. Selain itu, berdasarkan hasil uji hipotesis tes akhir dengan a = 0,05 diperoleh P - value= 0,0001 yang berarti tolak H0. Dengan demikian dapat disimpulkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menerapkan model Learning Cycle 7E lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 1 Lubuk Sikaping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Oct 2022 01:52
Last Modified: 03 Oct 2022 01:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40022

Actions (login required)

View Item View Item