Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Size dan Leverage Perusahaan terhadap Yield Obligasi dengan Peringkat Obligasi sebagai Variabel Intervening

Aprimaniza, Resta (2022) Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Size dan Leverage Perusahaan terhadap Yield Obligasi dengan Peringkat Obligasi sebagai Variabel Intervening. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_RESTA_APRIMANIZA_17059026_1460_2022.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh (1) profitabilitas, (2) likuiditas, (3) size dan (4) leverage terhadap yield obligasi dan peringkat obligasi sebagai variabel intervening pada obligasi perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh obligasi korporasi pada tahun 2017 yang tercatat di Indonesia Bond Market Directory (IBMD), sedangkan untuk sampel penelitian ini digunakan metode purposive sampling, sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 66 obligasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari IBMD, laporan keuangan yang dipublikasikan, peringkat dari PT Pefindo, dan lain sebagainya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur menggunakan program IBM SPSS AMOS 26.0. Berdasarkan hasil penelitian maka yang berpengaruh secara signifikan terhadap peringkat obligasi adalah size (LnSize) dan leverage (DER), sedangkan yang berpengaruh secara signifikan terhadap yield obligasi adalah peringkat obligasi serta yang dapat dimediasi oleh peringkat obligasi adalah likuiditas (QR), dan size (LnSize). Untuk yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap peringkat obligasi adalah profitabilitas (ROA) dan likuiditas (QR), sedangkan yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap yield obligasi adalah profitabilitas (ROA), likuiditas (QR), size (LnSize), dan leverage (DER), serta yang tidak mampu dimediasi oleh peringkat obligasi adalah profitabilitas (ROA) dan leverage (DER). Implikasi penelitian ini bagi perusahaan, yaitu diharapkan dapat menjadi acuan dalam perusahaan untuk memperhatikan lagi variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi peringkat obligasi serta yield obligasi, sedangkan implikasi penelitian ini bagi investor atau calon investor yaitu menjadi bahan untuk pertimbangan sebelum melakukan investasi dan implikasi untuk akademis yaitu sebagai bahan bacaan tambahan untuk mengetahui yang mempengaruhi peringkat obligasi dan yield obligasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: YIELD OBLIGASI, PERINGKAT OBLIGASI,PROFITABILITAS
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Sep 2022 07:22
Last Modified: 30 Sep 2022 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40012

Actions (login required)

View Item View Item