Hubungan Metode Belajar Bervariasi dengan Keaktifan Belajar Peserta Pelatihan Otomotif di BLK Painan

Fransisko, Arief (2022) Hubungan Metode Belajar Bervariasi dengan Keaktifan Belajar Peserta Pelatihan Otomotif di BLK Painan. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
A_04_ARIEF_FRANSISKO_17005059_3675_2022.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta pelatihan yang aktif pada saat mengikuti pelatihan otomotif di BLK Painan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran metode belajar yang digunakan oleh instruktur pelatihan otomotif pada saat memberikan materi pelatihan, melihat gambaran keaktifan belajar peserta pelatihan otomotif, dan untuk melihat hubungan antara metode belajar bervariasi dengan keaktifan belajar peserta pelatihan otomotif di BLK Painan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah peserta pelatihan otomotif pada periode 2021 sebanyak 32 orang. Sedangkan sampel diambil menggunakan teknik sampel jenu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan untuk teknik analisis data digunakan rumus persentase dan rumus product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) instruktur telah menerapkan metode belajar bervariasi dengan baik, yaitu dengan menerapkan tiga bentuk metode, metode ceramah, metode diskusi, dan metode praktek; (b) peserta pelatihan sudah memiliki keaktifan yang baik pada saat mengikuti pelatihan; dan (c) terdapat hubungan yang signifikan antara metode belajar bervariasi dengan keaktifan belajar peserta pelatihan otomotif di BLK Painan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: belajar, metode belajar, keaktifan belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:56
Last Modified: 30 Sep 2022 03:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40000

Actions (login required)

View Item View Item