Peningkatan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Serta Hubungan Pangkat Tiga Dengan Akar Pangkat Tiga Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas V SDN 23 Guguak Randah Kabupaten Agam

Fahmi, Aisyah Putri (2022) Peningkatan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Serta Hubungan Pangkat Tiga Dengan Akar Pangkat Tiga Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas V SDN 23 Guguak Randah Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
A_06_AISYAH_PUTRI_FAHMI_18129219_2970_2022.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian pada pembelajaran volume bangun ruang serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga di Kelas V ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang kurang terlaksana dengan baik, pada pelaksanaanya guru kurang mengembangkan model pembelajaran dan kurang memupuk kemampuan penemuan konsep kepada peserta didik yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar volume bangun ruang serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 23 Guguak Randah sebanyak 16 orang peserta didik. Untuk mengetahui keberhasilan rencana pelaksanan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar dapat diperoleh dengan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian dilihat dari aspek RPP di siklus I pertemuan 1 77,78% (C), siklus I pertemuan 2 menjadi 88,89% (B) dengan rata – rata 83,33% (B), dan siklus II 94,44% (SB). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I pertemuan 1 78,12%, sikus I pertemuan 2 84,37 % (B) dengan rata – rata 81,24 % (B) dan siklus II 93,75% (SB). Aspek peserta didik siklus I pertemuan 1 78,12%, siklus I pertemuan 2 84,37% dengan rata – rata 81,24% (B), dan siklus II 93,75% (SB). Hasil belajar siklus I pertemuan 1 68,45 (B), siklus I pertemuan 2 74,31 (B) dengan rata-rata 71,38 (B) dan siklus II 80,46 (A-) Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar volume bangun ruang serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning,Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:03
Last Modified: 30 Sep 2022 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39999

Actions (login required)

View Item View Item