Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Skripsi Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Afwanda, Nur Azizah (2022) Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Skripsi Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NUR_AZIZAH_AFWANDA_17053061_2413_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi interpersonal dan dukungan sosial terhadap motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi di tengah Pandemi Covid-19 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif menggunakan SPSS. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang yang sedang mengerjakan skripsi angkatan 2015-2017 yang berjumlah 120 orang. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dengan total 89 responden. Uji coba instrument menggunakan validias dan reliabilitas. Analisis data dengan analisis deskriptif dan induktif menggunakan uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinieritas, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah ( 1) Komunikasi interpersonal dan dukungan sosial secara bersama - sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi dengan hasil (sig 0,000<0,05). (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan komunikasi interpersonal terhadap motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi dengan hasil (sig 0,000<0,05). Berdasarkan hasil penelitian, untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi diharapkan kepada mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan menulis ilmiah dengan rajin membaca buku-buku atau referensi terkait topik penelitian. Bagi dosen pembimbing diharapkan untuk menyediakan waktu dan jadwal bimbingan / konsultasi untuk mahasiswa bimbingannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:03
Last Modified: 30 Sep 2022 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39998

Actions (login required)

View Item View Item