Pengelolaan Daya Tarik Wisata Pantai Kito Berbasis Masyarakat di Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan

Syafrika, Novianti (2022) Pengelolaan Daya Tarik Wisata Pantai Kito Berbasis Masyarakat di Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_NOVIANTI_SYAFRIKA_18135038_4895_2022.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya masalah yang berkaitan dengan Wisata Pantai Kito seperti pengelolaan yang dilakukan secara pribadi, sebagian pedagang belum bisa menerima struktur pengelolaan organisasi yang telah dibentuk oleh Wali Nagari, kurangnya partisipasi masyarakat setempat dalam pengelolaan Wisata Pantai Kito. Dan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan daya tarik Wisata Pantai Kito berbasis masyarakat di Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Ada 4 (empat) indikator yang dilihat yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan dan Pengawasan. Jenis penelitian yaitu Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data dengan teknik wawancara menggunakan 8 (delapan) orang informan. Informan dipilih berdasarkan purposive sampling. Teknik analisis datanya terdiri dari reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini maka dapat diketahui bahwa pengelola di Wisata Pantai Kito masih belum memiliki perencanaan yang baik untuk Wisata Pantai Kito kedepannya. Pengelola Wisata Pantai Kito juga belum memiliki organisasi yang terstruktur dengan baik dan belum juga melaksanakan pengelolaan yang berbasis masyarakat. Pengawasan Wisata Pantai Kito dilakukan secara bersama-sama oleh Wali Nagari, Ketua Pemuda dan masyarakat sekitar. Sedangkan untuk pengarahan dilakukan oleh Wali Nagari Wisata Pantai Kito walaupun belum signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 Sep 2022 00:56
Last Modified: 30 Sep 2022 00:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39982

Actions (login required)

View Item View Item