Perbedaan Motivasi Belajar Online Siswa IPA dan IPS dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA N 1 Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat

Febrin, Anjellita Dwi (2022) Perbedaan Motivasi Belajar Online Siswa IPA dan IPS dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA N 1 Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ANJELLITA_DWI_FEBRIN_17053004_538_2022.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Sistem pembelajaran yang dilakukan secara online membuat siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaaran. Motivasi dalam mengikuti pembelajaan setiap siswa berbeda­ beda. karena banyak faktor yang mempengaruhi motovasi belajar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar online siswa IPA dan IPS dalam pembelaj aran ekonomi Di SMA N 1 Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan metode komparatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa/siswi kelas 12 di SMA N 1 Ke.Akabiluru. dan penempatan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin yaitu sebanyak 138. Data yang digunakan dalah jenis data primer yang diperoleh melalui penyebaran kusioner/angket kepada siswa/siswi kelas 12 di SMA N.1 Kec.Akabiluru. Metode analisis yang digunakan dalah uji beda menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil Independen sampel T­Test memperoleh hasil 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan motivasi belajar online yang signifikan antara siswa XII IPA dan XII IPS di SMA N 1 Ke.Akabiluru. perbedaan tersebut di pengaruhi oleh (1) Tekun dalam menghadapi tugas, (2) Ulet Menghadapi kesulitan, (3) Menunjukan minat terhadap macam­macam masalah, (4) Lebih senang bekerja mandiri, (5) cepat bosan pada tugas­tugas rutin, (6) Dapat mempertahankan pendapat, (7) tidak mudah melepaskan hal­hal yang di yakini, (8) Senang menacari dan memecahkan masalah soal­soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:38
Last Modified: 30 Sep 2022 00:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39975

Actions (login required)

View Item View Item