Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa D4 Tata Rias dan Kecantikan UNP Selama Pandemi Covid

Yani, Magrida (2022) Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa D4 Tata Rias dan Kecantikan UNP Selama Pandemi Covid. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_MAGRIDA_YANI_17078073_956_2022.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya dampak virus covid-19 yang menyebabkan proses pembelajaran tatap muka di Universitas Negeri Padang tidak dapat dilakukan sehingga menyebabkan motivasi belajar mahasiswa menjadi berkurang. Berdasarkan hasil wawancara dengan dosen Jurusan Tata Rias dan Kecantikan UNP motivasi belajar mahasiswa tata rias dan kecantikan pada saat melakukan pembelajaran daring menjadi berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk a) mendeskripsikan pembelajaran daring di jurusan tata rias dan kecantikan UNP. b) mendeskripsikan motivasi belajar mahasiswa Tata Rias dan Kecantikan dilihat dari dalam (Motivasi Instrinsik). c) mendeskripsikan motivasi belajar mahasiswa Tata Rias dan Kecantikan dilihat dari luar (Motivasi Ekstrinsik). Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di Jurusan Tata Rias dan Kecantikan UNP. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Tata Rias dan Kecantikan UNP angkatan 2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling, serta pengambilan sampel apabila jumlah responden lebih dari 100, maka di ambil 10-15% atau 20- 25% dari jumlah populasinya. Dalam penelitian ini sampel di ambil 20% dari populasi yaitu sebanyak 23 responden. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penyebaran angket dalam bentuk skala likert yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitas sebelumnya dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji homoskedastisitas, uji hipotesis yang terdiri dari uji t, dan uji R2. Hasil penelitian dari pembelajaran daring di jurusan tata rias dan kecantikan selama pandemi covid digolongkan pada kategori sedang dengan persentase 52.17%. motivasi instrinsik di jurusan Tata Rias dan Kecantikan digolongkan pada kategori rendah dengan persentase 56,52%. motivasi ekstrinsik di jurusan Tata Rias dan Kecantikan digolongkan pada kategori rendah dengan persentase 78,26%. Nilai untuk pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar sebesar 0,006 dengan kategori berpengaruh secara signifikan. Nilai uji koefisien determinasi diperoleh sebesar 31% dimana pembelajaran daring berpengaruh secara simultan terhadap motivasi belajar. Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar mengembangkan hal serupa pada pembelajaran daring agar dapat memunculkan motivasi belajar mahasiswa dalam kondisi apapun

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:38
Last Modified: 29 Sep 2022 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39970

Actions (login required)

View Item View Item