Hubungan Efikasi Diri dengan Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang

Agustin, Indri Febriza (2022) Hubungan Efikasi Diri dengan Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_INDRI_FEBRIZA_AGUSTIN_18078106_5151_2022.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Efikasi diri berhubungan dengan keyakinan seseorang untuk melakukan kemampuan yang diharapkan. Minat adalah rasa ketertarikan dari dalam diri individu yang mendorong dan mempengaruhi tingkah laku seseorang untuk mewujudkan keinginannya. Dari hasil wawancara yang idilakukan terlihat masih banyak mahasiswa yang tidak berminat menjadi guru karena lebih ingin berwirausaha, Ikurang ahli dalam menyampaikan materi, merasa tidak mampu dan tidak bisa menjadi guru iprofesional karena tidak memiliki pengetahuan yang luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efikasi diri mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan angkatan 2018, menganalisis minat mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan angkatan 2018, dan untuk menganalisis hubungan efikasi diri dengan minat menjadi guru bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan. Jenis penelitian iini imenggunakan imetode ideskriptif iasosiatif idengan pendekatan ikuantitatif. iPopulasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri iPadang angkatan 2018 yang telah imelaksanakan PLK dan terdaftar pada semester Juli-Desember 2022 dengan isampel berjumlah 97 mahasiswa. lTeknik lpengumpulan ldata lyang ldigunakan ldalaml penelitian iniliadalah imenggunakan ikuesioner dengan iskala ilikert. iInstrumen idalam pelaksanaan ipengembangan imenggunakan ikuisioner iuntuk menguji ivaliditas dan ireliabilitas. iTeknik ianalisis idata idalam ipenelitian iini iterdiri uji ianalisis deskriptif, iuji iprasarat ianalisis idan iuji ikorelasi pearson product moment. Hasil penelitian ini efikasi diri memperoleh skor terbanyak dalam kategori sedang yaitu sebanyak 64 responden atau sebesar 16%. Dan hasil perolehan skor variable minat menjadi guru dalam kategori sedang sebanyak 63 responden atau sebesar 65%. Hasil dari uji normalitas diperoleh nilai signifikan sebesar 0,241, maka data pada penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji linearitas diperoleh nilai signifikan Deviation from linearity adalah sebesar 0,714, maka variable bebas (X) memiliki hubungan yang linear terhadap variable (Y). Dan hasil dari uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,000, berdasarkan kategori pengambilan keputusan nilai Signifikan<0,05 artinya efikasi diri berhubungan positif dan signifikan dengan minat menjadi guru. Saran penelitian ini perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang hubungan efikasi diri dengan minat menjadi guru. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan motivasi kepada jurusan dan mahasiswa tata rias dan kecantikan. Penelitian selanjutnya perlu menambahkan ruang lingkup penelitian dan variabel sehingga mencakup secara luas hubungan minat menjadi guru pada Mahasiswa Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:50
Last Modified: 29 Sep 2022 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39953

Actions (login required)

View Item View Item