Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pemangkasan dan Pewarnaan Rambut di SMK Negeri 6 Padang

Ariffah, Husnul (2022) Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pemangkasan dan Pewarnaan Rambut di SMK Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_HUSNUL_ARIFFAH_18078009_5060_2022.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

pelajaran pemangkasan dan pewarnaan rabut dan video yang disediakan oleh sekolah belum bervariasi dengan tampilan yang belum mampu menarik perhatian dan motivasi siswa pada mata pelajaran pemangkasan dan pewarnaan rambut, selanjutnya bahan ajar yang digunakan masih berbentuk lembar kegiatan peserta didik dan belum terstruktur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video pembelajaran pada materi pelajaran pewarnaan rambut double aplikasi di SMK Negeri 6 Padang, mengetahui validitas dan praktikalitas media pembelajaran berbasis video pembelajaran pewarnaan rambut double aplikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI KC II SMK Negeri 6 Padang tahun ajaran 2022 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang terdiri dari angket validitas dan praktikalitas. Uji validitas oleh ahli materi bertujuan untuk melihat kevalidan dari materi/isi yang dimuat didalam produk yang dikembangkan sedangkan validasi ahli media bertujuan untuk menilai produk dari segi media, tampilan hingga kemenarikan produk sebagai media pembelajaran. Teknik analisis data dengan menghitung skor penilaian media video dari angket yang diberikan dan dikategorikan sesuai dengan interprestasi yang diperoleh. Hasil penelitian ini adalah media video pembelajaran mata pelajaran pemangkasan dan pewarnaan rambut , hasil validasi media sebesar 0,89 (kategori sangat valid) dan validasi materi 0,82 (kategori sangat valid). Hasil praktikalitas respon siswa sebesar 86,07% (kategori sangat praktis) dan dari respon guru sebesar 87,2 (kategori sangat praktis.) Dari perolehan hasil tersebut, maka media pembelajaran berbasis video pembelajaran dapat dikatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar dikelas.disarankan untuk memanfaatkan video mata pelajaran pemangkasan dan pewarnaan rambut untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:49
Last Modified: 29 Sep 2022 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39952

Actions (login required)

View Item View Item