Pengembangan Media Video Pembelajaran Perawatan Tangan (Manicure) dan Mewarnai Kuku pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kecatikan dan Spa di SMK Negeri 6 Kota Padang

Anugrah, Diastari (2022) Pengembangan Media Video Pembelajaran Perawatan Tangan (Manicure) dan Mewarnai Kuku pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kecatikan dan Spa di SMK Negeri 6 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_DIASTARI_ANUGRAH_18078096_4611_2022.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena belum tersed ianya video pembelajaran pada elemen 8 praktik dasar kecantikan pada mata pelajaran dasar-dasar kecantikan dan spa, bahan ajar yang digunakan masih berbentuk lembar kegiatan peserta didik dan ppt sehingga belum terstruktur, serta pendidik belum menggunakan media pembelajaran video dikelas. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan video perawatan tangan (manicure) dan mewarnai kuku pada kelas X SMK Negeri 6 Padang, (2) mengetahui validitas video perawatan tangan (manicure) dan mewarnai kuku, mengetahui praktikalitas video perawatan tangan (manicure) dan mewarnai kuku dan melihat efektivitas video perawatan tangan (manicure) dan mewarnai kuku. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan langkah 4-D. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X KC I tata kecantikan SMK Negeri 6 Padang tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 orang.Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang diberikan secara langsung dan soal.Teknik analisis data dengan menghitung skor penilaian video dari angket yang diberikan dan dikategorikan sesuai dengan analisis data menggunakan uji t. Perolehan hasil penelitian ini adalah video telah dikembangkan dengan model pengembangan 4-D, hasil validitas video oleh ahli media 88% dan validitas materi diperoleh nilai 91% dengan kategori valid, hasil uji praktikalitas video dari respon guru memperoleh nilai 89% dengan kategori sangat praktis dan dari respon peserta didik mendapatkan nilai 98% dengan kategori sangat praktis, hasil uji efektivitas diperoleh hasil pre-test 38,88% dan post-test diperoleh hasil 91,66% dengan kategori efektif video di gunakan di SMK negeri 6 Kota Padang. Dari perolehan hasil tersebut, maka video telah layak, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dikelas. Penelitian menghasilkan video pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validitas video berdasarkan respon ahli media, dan ahli materi dalam kategori valid. Praktis video dilihat berdasarkan respon guru mata pelajaran dengan kategori sangat praktis dan berdasarkan respon peserta didik dengan kategori sangat praktis. Efektifitas video dilihat berdasarkan hasil belajar peserta didik dikategorikan efektif. Hasil belajar peserta didik dilihat berdasarkan nilai ketuntasan klasikal dengan persentasenya di kategorikan efektif. Berdasarkan perbedaan hasil pretest dan posttest memperoleh nilai signifikan yang rendah sehingga dinyatakan efektif. Bedasarkan besarnya dampak dari penggunaan video pembelajaran memberi hasil nilai efek yang besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 Sep 2022 06:50
Last Modified: 28 Sep 2022 06:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39937

Actions (login required)

View Item View Item