Struktrur dan Unsur-unsur Intrinsik Teks Cerpen Siswa Kelas IX SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Sari, Indah Purnama (2022) Struktrur dan Unsur-unsur Intrinsik Teks Cerpen Siswa Kelas IX SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
A_01_INDAH_PURNAMA_SARI_18016074_3914_2022.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks cerpen siswa IX SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Kedua, mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik teks cerpen siswa kelas IX SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di IX SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Data penelitian ini berupa kutipan teks cerpen yang diperoleh dari 20 teks cerpen yang ditinjau dari dua indikator, yaitu struktur teks cerpen dan unsur-unsur intrinsik teks cerpen. Dokumen yang digunakan adalah kumpulan teks cerpen siswa kelas IX SMP Pembangunan Laboratorium UNP yang dikumpulkan pada saat pelajaran Bahasa Indonesia semester 1 kepada guru.Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditemukan dua hal. Pertama, dalam menulis teks cerpen siswa kelas IX SMP Pembangunan Laboratorium UNP telah menggunakan keempat bagian struktur teks cerpen. Keempat struktur teks cerpen yaitu orientasi, rangkaian peristiwa, komplikasi, dan resolusi. Siswa cenderung sudah dapat menuliskan dengan baik struktur orientasi dan rangkaian peristiwa. Siswa juga dapat merangkai cerita dalam bentuk struktur orientasi yaitu pengenalan cerita dan rangkaian peristiwa yaitu sebab-akibat terjadinya peristiwa. Siswa dikategorikan belum bisa menuliskan struktur komplikasi dan resolusi. Siswa belum bisa merangkai cerita dalam bentuk struktur komplikasi yaitu puncak permasalahan cerita dan resolusi yaitu penyelesaian cerita. Sedangkan untuk struktur komplikasi teks cerpen siswa masih dikategorikan sedang dalam menulis teks cerpen. Kedua, dilihat dari unsur-unsur instrinsik kecenderungan dalam menulis teks cerpen siswa kelas IX SMP Pembangunan Laboratorium UNP Dalam menulis unsur-unsur intrinsik teks cerpen siswa kelas IX SMP Pembangunan Laboratorium UNP cenderung menulis sudut pandang dari sudut pandang orang pertama pelaku utama. Siswa cenderung menggunakan dirinya sebagai tokoh aku dalam teks cerpen yang ditulis oleh siswa tersebut. Dalam menulis unsur-unsur intrinsik teks cerpen siswa kelas IX SMP Pembangunan Laboratorium UNP cenderung menulis alur menggunakan alur maju. Siswa cenderung menggunakan alur maju yang peristiwa atau kejadiannya bergerak maju dengan bercerita dari awal hingga akhir cerpen. Dengan demikian dapat dinyatakan siswa kelas IX SMP Pembangunan Laboratorium UNP masih belum mampu untuk menuliskan teks cerpen dengan baik sesuai dengan struktur dan unsur-unsur intrinsik teks cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 28 Sep 2022 06:49
Last Modified: 28 Sep 2022 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39933

Actions (login required)

View Item View Item