Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan terhadap Kepuasan Pelanggan di Hotel Pangeran Beach Padang

Damaryanda, Dendi (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan terhadap Kepuasan Pelanggan di Hotel Pangeran Beach Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_DENDI_DAMARYANDA_18135008_18135008_4924_2022.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ulasan pelanggan tentang ketidakpuasannya menginap di Hotel Pangeran Beach Padang. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Hotel Pangeran Beach Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan assosiatif kausal. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan sebagai variabel bebas dan kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang sedang atau pernah menginap di Hotel Pangeran Beach Padang dengan jumlah sampel sebesar 96 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji persyaratan analisis hipotesis menunjukkan bahwa data tergolong normal, homogen dan linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden menilai bahwa kualitas pelayanan karyawantermasuk kategori baik (65,6%) dan kepuasan pelanggan juga termasuk pada kategori baik (51,9%). Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana, diperoleh nilai R Square (R2) sebesar 0,214 dengan probabilitas 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan karyawanberpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 21,4%, sedangkan 78,6% di pengaruhi oleh faktor lain. Selain itu juga diperoleh nilai koefisien regresi (b) sebesar 0,239 dengan nilai konstanta (a) sebesar 37,304. Artinya adalah setiap peningkatan satu satuan kualitas pelayanan karyawanakan meningkatkan 0,239 kepuasan pelanggan di Hotel Pangeran Beach Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 Sep 2022 06:49
Last Modified: 28 Sep 2022 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39930

Actions (login required)

View Item View Item