Reaksi Pasar Modal Indonesia terhadap Pemberlakuan efektif Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 72 (Event study pada Perusahaan Sektor Telekomunikasi dan Farmasi yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia)

Riyosef, Mai Celvin (2022) Reaksi Pasar Modal Indonesia terhadap Pemberlakuan efektif Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 72 (Event study pada Perusahaan Sektor Telekomunikasi dan Farmasi yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_MAI_CELVIN_RIYOSEF _17043073_1581_2022.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menguji reaksi pasar terhadap peristiwa pemberlakuan efektif PSAK 72:Pendapatan dari Kontrak dengan Pelanggan pada perusahaan sektor telekomunikasi dan farmasi yang tercatat di Bursa efek Indonesia. Reaksi pasar diukur menggunakan abnormal return dan trading volume activity dengan pendekatan studi peristiwa (event study) yang dilakukan pada perusahaan telekomunikasi dan farmasi di BEI. Periode penelitian yang digunakan yaitu 7 hari. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Alat statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t, paired sample t-test, dan wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peristiwa pemberlakuan efektif PSAK 72 direspon negatif oleh investor yang ditunjukkan oleh hasil uji t dengan terdapat abnormal return negatif dan signifikan pada periode t-3. Hasil uji menggunakan paired sample t-test dan wilcoxon signed ranks test menunjukkan tidak ditemukan perbedaan signifikan antara AAR pada masing-masing periode peristiwa. Sedangkan pada hasil uji wilcoxon signed ranks test pada ATVA ditemukan terdapat perbedaan signifikan volume perdagangan pada periode sebelum dengan saat peristiwa, namun tidak ditemukan perbedaan signifikan pada periode saat dengan setelah dan periode sebelum dengan setelah peristiwa. Hasil penelitian ini memberikan implikasi mengenai bagaimana reaksi pasar dan kekuatan kandungan informasi peristiwa pemberlakuan efektif PSAK 72 pada periode perbandingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: REAKSI PASAR MODAL
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:02
Last Modified: 27 Sep 2022 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39910

Actions (login required)

View Item View Item