Analisis Character Building (Nilai Karakter Mandiri dan Integritas Siswa) pada Pembelajaran Jarak Jauh di SMA Negeri 6 Tanjung Jabung Barat

Yanti, Indri Caesari (2022) Analisis Character Building (Nilai Karakter Mandiri dan Integritas Siswa) pada Pembelajaran Jarak Jauh di SMA Negeri 6 Tanjung Jabung Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_INDRI_CAESARI_YANTI_17053134_18_2022.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana nilai karakter mandiri dan integritas siswa kelas XI SMA Negeri 6 Tanjung Jabung Barat pada pembelajaran jarak jauh. Yang ditinjau dari pengamatan seluruh guru mata pelajaran kelas XI yang berjumlah 25 orang guru mata pelajaran. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan survey yang menggunakan menggunakan data primer sebagai data penelitian. Diperoleh dari kuisioner yang diisi seluruh guru mata pelajaran kelas XI dan wawancara mendalam kepada guru ekonomi yang mengajar materi pendapatan nasional. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik analisa yang dipakai adalah analisis deskriptif dan TCR (Tingkat Capaian Responden). Hasil temuan penelitian ini menunjukkan, pembelajaran jarak jauh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Tanjung Jabung Barat telah melahirkan sikap yang mencerminkan nilai karakter mandiri dan integritas. Oleh karena itu, nilai-nilai karakter tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk, yaitu (1) aturan dan tata tertib sekolah yang sifnifikan bagi pelaksanaan pendidikan karakter (2) mengoptimalkan peran organisasi sekolah yang menunjang pendidikan karakter siswa (3) guru menggunakan model serta metode yang lebih variatif dan inovatif dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN KARAKTER, PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Sep 2022 07:10
Last Modified: 26 Sep 2022 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39886

Actions (login required)

View Item View Item