Hubungan Kelentukan Tubuh dan Koordinasi Mata Tangan dengan Kemampuan Dribbling Siwa Ekstrakurikuler Bolabasket SMP Negeri 3 Sutera Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan

Mahendra, Gusbil (2022) Hubungan Kelentukan Tubuh dan Koordinasi Mata Tangan dengan Kemampuan Dribbling Siwa Ekstrakurikuler Bolabasket SMP Negeri 3 Sutera Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
A_01_GUSBIL_MAHENDRA_18086130_3448_2022 (30 Agu.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa masih rendahnya kemampuan dribbling siswa ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 3 Sutera Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Masalah inilah diduga disebabkan karena rendahnya kelentukan tubuh dan koordinasi mata tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan koordinasi kelentukan tubuh dan koordinasi mata tangan dengan kemampuan dribbling. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini seluruh siswa ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 3 Sutera Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 21 orang, sedangkan sampel diambil secara total sampling sehingga diperoleh sampel yaitu sebanyak 21 orang. Data diperoleh melalui tes, kelentukan tubuh dengan tes v-sit and reach tes, koordinasi mata tangan dengan menggunakan tes lempar tangkap bolabasket ke dinding, dan kemampuan dribbling dengan tes dribbling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis product moment. Berdasarkan dari hasil analisis data menunjukkan bahwa; 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kelentukan tubuh dengan kemampuan dribblingsiswa ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 3 Sutera Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan, karena ditemukan rhitung = 0,509>rtabel 0,433 dan thitung = 2,58>ttabel 1,729. 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan dengan kemampuan dribbling siswa ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 3 Sutera Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan, karena ditemukan rhitung = 0,500>rtabel 0,433 dan thitung = 2,52>ttabel 1,729. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kelentukan tubuh dan koordinasi mata tangan secara bersama�sama dengan kemampuan dribbling siswa ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 3 Sutera Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan, karena ditemukan rhitung = 0,616>rtabel 0,433 dan Fhitung = 5,50>Ftabel 3,55.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kelentukan Tubuh; Koordinasi Mata Tangan; Kemampuan Dribbling
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Sep 2022 07:10
Last Modified: 26 Sep 2022 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39885

Actions (login required)

View Item View Item