Pengembangan Modul Hidrokarbon Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an untuk Kelas XI Madrasah Aliyah (MA)

Wulandary, Windy Destry (2022) Pengembangan Modul Hidrokarbon Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an untuk Kelas XI Madrasah Aliyah (MA). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_WINDY_DESTRY_WULANDARY_17035120_4324_2022.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Modul merupakan sebuah wadah untuk belajar yang tersusun atas materi, metode, dan cara mengevaluasi yang dibuat secara terstruktur dan menarik sehingga kompetensi yang diharapkan dapat tercapai. Hidrokarbon merupakan salah satu materi kimia yang dipelajari di kelas XI semester 1. Salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan suksesnya pembelajaran adalah inkuiri terbimbing. Model pembelajaran tersebut dapat disajikan di dalam modul inkuiri terbimbing. Modul yang dikembangkan memenuhi Perda No 2 Tahun 2019 serta sesuai KI 1 pada kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan modul hidrokarbon berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an untuk kelas XI Madrasah Aliyah (MA) dan mengungkapkan validitas dan praktikalitas modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp, yaitu Educational Design Research dengan tiga tahapan, yaitu preliminary research, prototyping stage, dan assesment phase. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara guru, angket peserta didik, angket uji validitas, dan angket praktikalitas. Jenis data adalah data primer dan dianalisa menggunakan formula Aiken’s V untuk uji validitas, dan presentase kepraktisan untuk uji praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh modul hidrokarbon berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an. Modul yang dihasilkan memiliki nilai rata-rata Aiken’s V pada uji validitas 0,89, presentase pada uji praktikalitas guru dan peserta didik sebesar 90% dan 89%. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memenuhi kategori valid dan sangat praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:27
Last Modified: 26 Sep 2022 01:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39876

Actions (login required)

View Item View Item