Analisis Perbandingan Treynor-Black Model dan Fama French Three Factor Model terhadap Return Saham (Studi Kasus Saham Jakarta Islamic Index)

Fajri, Vikron (2022) Analisis Perbandingan Treynor-Black Model dan Fama French Three Factor Model terhadap Return Saham (Studi Kasus Saham Jakarta Islamic Index). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_VIKRON_FAJRI_18030028_1909_2022.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Investasi merupakan salah satu cara jitu yang dapat meningkatkan pembangunan dan ekonomi di masa depan pada suatu negara, termasuk Indonesia. Kegiatan investasi merupakan kegiatan menempatkan dana pada satu atau lebih aset selama periode tertentu dengan harapan dapat memperoleh keuntungan atau peningkatan atas nilai modal yang bertujuan untuk memaksimalkan hasil (return) di masa mendatang. Untuk mendapatkan return saham yang maksimal, maka para investor memerlukan metode yang sesuai untuk menganalisis suatu saham. Metode yang digunakan untuk menganalisis return saham pada penelitian ini yaitu Treynor-Black Model dan Fama French Three Factor Model. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan data sekunder berupa saham Jakarta Islamic Index (JII) Periode Juli 2020 – Juni 2021. Data penelitian ini bersumber dari website resmi Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id, Yahoo Finance www.yahoofinance.com, serta website resmi Bank Indonesia www.bi.go.id. Langkah menganalisis data penelitian dimulai dengan menyeleksi portofolio optimal dengan cut-off rate dilanjutkan dengan mengestimasi return saham dengan menggunakan Treynor-Black Model dan Fama French Three Factor Model. Hasil estimasi return saham dengan Treynor-Black Model pada penelitian ini yaitu sebesar 16,16%, sedangkan estimasi return saham dengan Fama French Three Factor Model yaitu sebesar 4,001%. Hal ini menunjukkan bahwa estimasi return saham dengan menggunakan Fama French Three Factor Model memberikan hasil return yang berbeda dikarenakan adanya penambahan variabel SMB dan HML dalam mengestimasi return saham

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:26
Last Modified: 26 Sep 2022 01:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39871

Actions (login required)

View Item View Item