Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Hukum Dasar Kimia Kelas X SMA N 15 Padang

Putri, Vaulia Leoni (2022) Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Hukum Dasar Kimia Kelas X SMA N 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_VAULIA_LEONI_PUTRI_18035083_4101_2022.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Hukum Dasar Kimia merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran kimia yang sulit dipahami oleh siswa, hal ini didasarkan pada hasil wawancara dengan guru kimia yang ada di SMAN 15 Padang, menyatakan bahwa materi pembelajaran pada kelas X yang paling banyak ditemukan kesulitan siswa dalam memahaminya adalah pada materi hukum dasar kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan persentase kesulitan belajar dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas X tahun ajaran 2021/2022 SMAN 15 Padang dalam mempelajari materi hukum dasar kimia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan pemberian soal tes diagnostik four-tier yang terdiri atas 19 soal yang mewakili 7 indikator pembelajaran. Selain itu untuk mengungkapkan penyebab kesulitan belajar siswa, diberikan angket yang teridiri atas 28 soal yang mewakili 9 aspek penyebab kesulitan siswa baik dari faktor internal maupun eksternal siswa. Hasil analisis data penelitian menunjukkan siswa kelas X 7 SMA N 15 Padang mengalami kesulitan belajar dengan kategori tinggi sebesar 71,1%. Tingkat kesulitan belajar siswa paling tinggi terdapat pada indikator ke-4 yaitu menerapkan konsep hukum perbandingan volume (Gay-Lusac) untuk menyelesaikan perhitungan kimia sebesar 83,3% dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan tingkat kesulitan belajar siswa paling rendah terdapat pada indikator ke-6 yaitu menerapkan konsep massa molekul relatif untuk menyelesaikan perhitungan kimia sebesar 52,8% dengan kategori cukup tinggi. Faktor – faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada materi hukum dasar kimia dilihat dari faktor internal dan eksternal yang terdiri atas 9 aspek. Aspek yang paling berpengaruh yaitu lingkungan keluarga sebesar 70,3% dan aspek yang paling rendah yaitu waktu belajar siswa sebesar 50,0%. Faktor internal yang paling berpengaruh yaitu pada aspek motivasi dan minat belajar siswa, yaitu sebesar 66,7% dan 61,8%. Faktor eksternal yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yaitu Lingkungan keluarga, Lingkungan sosial siswa, sebesar 70,3% dan 64,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:26
Last Modified: 26 Sep 2022 01:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39870

Actions (login required)

View Item View Item