Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik SMAN 1 Painan pada Materi Protista

Nur'aini, Ultri Asih (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik SMAN 1 Painan pada Materi Protista. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_ULTRI_ASIH_NUR’AINI_18031087_741_2022.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran biologi khususnya pada materi protista. Penyebabnya adalah materi yang sifatnya abstrak, dan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan peranannya yang sulit dipahami. Model pembelajaran yang di terapkan di SMAN 1 Painan kebanyakan belum menerapkan model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Peserta didik membutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya sehingga mudah dalam memahami materi pembelajaran. Discovery learning adalah satu model pembelajaran yang dapat mempermudah peserta didik memahami materi pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kompetensi belajar peserta didik SMAN 1 Painan pada materi protista. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kompetensi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment, dalam penelitian ini menggunakan dua kelas. Kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran discovery learning dan kelas kontrol dengan perlakuan model pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, berdasarkan pertimbangan rata-rata nilai ulangan harian yang hampir sama. Instrumen yang digunakan adalah tes soal pilihan ganda sebanayak 30 soal. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa kompetensi belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (80,43) dan kelas kontrol (74,87). Analisis data dilakukan dengan uji independent sample t-test dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kompetensi belajar peserta didik SMAN 1 Painan pada materi protista

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:26
Last Modified: 26 Sep 2022 01:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39869

Actions (login required)

View Item View Item