Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP

Amanda, Tia Fitri (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_TIA_FITRI_AMANDA_17029184_3021_2022.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Video pembelajaran merupakan salah satu media yang digunakan sebagai alat penunjang proses belajar peserta didik. Namun berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap beberapa contoh video pembelajaran yang ada, masih terdapat kekurangan seperti belum adanya penggunaan pendekatan pembelajaran dan belum interaktif. Salah satu cara untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan mengembangkan video pembelajaran yang didalamnya terdapat komponen efektif pendekatan kontekstual yang bertujuan untuk mengaitkan pengetahuan peserta didik dengan kejadian nyata dalam keseharian mereka dan diharapkan bisa meningkatkan minat belajar, keaktifan, meningkatkan keterampilan menemukan dan kemampuan berpikir, serta rasa ingin tahu peserta didik. Dengan adanya video pembelajaran dapat membantu proses belajar kapan saja dan dimana saja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat validitas dan praktikalitas Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Pola Bilangan kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (design research) yang menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap preliminary research, prototyping stage dan assessment phase. Tahap preliminary research terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik. Tahap prototyping phase merupakan tahap untuk merancang dan mengembangkan prototype berupa video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual. Pada prototype ini dilakukan evaluasi formatif berupa self evaluation dan expert reviews untuk menentukan kategori kevalidannya dan dilakukan one to one evaluation serta small group evaluation untuk menentukan kategori kepraktisannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis. Berdasarkan hasil validasi, video pembelajaran ini memiliki tingkat validitas 85,10% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan respon pendidik, video pembelajaran ini memiliki tingkat praktikalitas 81,25% dengan kategori praktis dan berdasarkan respon peserta didik video pembelajaran ini memiliki tingkat praktikalitas 86,45% dengan kategori sangat praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:25
Last Modified: 26 Sep 2022 01:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39865

Actions (login required)

View Item View Item