:Pengembangan E-Module Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs

Haj, Syamsul (2022) :Pengembangan E-Module Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SYAMSUL_HAJ_17029120_2119_2022.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

E-modul merupakan salah satu bahan ajar yang mampu menunjang proses pembelajaran matemtika di era revolusi industri 4.0, khususnya pembelajaran secara mandiri. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik e-module matematika berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs yang valid dan praktis untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran matematika peserta didik kelas VII SMP/MTs. Pengembangan e-module ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahap, yaitu preliminary research, development or prototyping phase dan assessment phase. Subjek penelitian ini adalah 9 peserta didik kelas VII MTs PP Nurul Islam Gunung Toar.Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon guru dan peserta didik. E-module matematika dikatakan valid jika memenuhi validitas isi dan konstruk. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi yang memuat aspek penyajian, kelayakan isi dan materi, tampilan dan bahasa. Kepraktisan dilihat dari kemudahan dalam menggunakan e-module. Pada penelitian ini diperoleh e-module matematika yang valid dan praktis. Kevalidan e-module dari segi aspek penyajian, kelayakan isi, kebahasaan, dan kegrafikaan, dengan karakteristik; (1) e-module disajikan menggunakan pendekatan PMR dengan menyajikan masalah kontekstual atau masalah yang dekat dengan kehidupan peserta didik setiap awal pembelajaran sehingga dapat merangsang rasa ingin tahu peserta didik; (2) materi pada e-module mengacu pada kurikulum 2013 dan disajikan secara sistematis; (3) isi e-module disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik; (4) e-module menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami serta jenis tulisan yang jelas dan mudah dapat dibaca; serta (5) desain tampilan e-module menarik dari segi tata letak, huruf, warna, gambar dan video. Sedangkan kepraktisan dari segi Penyajian, kemudahaan, keterbacaan, dan waktu, dengan karakteristik ;(1) E-module disajikan dengan tampilan dan kombinasi warna yang menarik serta ukuran huruf jelas dan mudah dibaca sehingga peserta didik menjadi tertarik dan bersemangat untuk belajar; (2) E-module mudah digunakan karena adanya petunjuk yang lengkap, jelas, dan mudah dipahami dan dapat membiasakan peserta didik untuk berpikir menemukan konsep yang dipelajari sehingga dapat mengkonstruksi pengetahuannya sendiri; (3) bahasa yang digunakan pada e-module jelas dan mudah dipahami; (4) peserta didik terbantu dalam memahami materi pembelajaran sesuai waktu yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:11
Last Modified: 23 Sep 2022 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39860

Actions (login required)

View Item View Item