Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Pariaman

Mutia, Sukses Jona (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SUKSES_JONA_MUTIA_18031028_2766_2022.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Kemampuan yang harus dimiliki pada abad 21 ini salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan ini penting agar peserta didik mahir dalam membuat argumen, mempertimbangkan kredibilitas sumber, membuat keputusan dan mempertimbangkan hasilnya. Permasalahan di SMAN 1 Pariaman adalah kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered), guru belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi, guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, dan rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Model ini membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X SMAN 1 Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan randomized pretest-posttest control group designed. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X MIPA di SMAN 1 Pariaman. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar soal pretest-posttest dalam bentuk esai. Perlakuan pada kelas eksperimen adalah penerapan model problem based learning sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Analisis data menggunakan uji One�Way ANCOVA. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan nilai rata�rata tes kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen (75,03) dan kelas kontrol (63,81). Analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,00<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh positif berarti terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X SMAN 1 Pariaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 23 Sep 2022 01:23
Last Modified: 23 Sep 2022 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39855

Actions (login required)

View Item View Item