Efektivitas E-modul Titrasi Asam Basa Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 7 Padang

Rahmi, Sridefa (2022) Efektivitas E-modul Titrasi Asam Basa Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_SRIDEFA_RAHMI_18035080_4099_2022.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan di SMAN 7 Padang diperoleh sebanyak 68,6 % peserta didik menyatakan bahwa materi titrasi asam basa sulit dipahami dan pada penelitian sebelumnya telah tersedia e-modul titrasi asam basa berbasis guided discovery learning yang telah valid, praktis dan efektif pada skala kecil. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilanjutkan dengan uji efektivitas e-modul pada skala besar. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis efektivitas e-modul titrasi asam basa berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 7 Padang. Jenis penelitian pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Pretest Posttest Desain. Populasi terdiri dari siswa kelas XI MIPA di SMAN 7 Padang dan pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, sehingga terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa dengan bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji n-gain dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh hasil bahwa nilai rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan n�gain kelas eksperimen 0,74 pada kategori tinggi dan kelas kontrol 0,62 pada kategori sedang. Data yang diperoleh terdistribusi normal dan homogen dan uji hipotesis dilakukan menggunakan independent sample t-test diperoleh hasil sig.(2-tailed) < 0.05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa e-modul titrasi asam basa berbasis guided discovery learning efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMAN 7 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 23 Sep 2022 01:23
Last Modified: 23 Sep 2022 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39853

Actions (login required)

View Item View Item