Suatu Penggunaan Metode Goal Programming dan Karush Kuhn Tucker untuk Menentukan Optimasi Biaya Produksi Kacang Randang Rahmi Pasaman

Eroza, Silvia (2022) Suatu Penggunaan Metode Goal Programming dan Karush Kuhn Tucker untuk Menentukan Optimasi Biaya Produksi Kacang Randang Rahmi Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SILVIA_EROZA_18030136_1384_2022.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Optimasi merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mencapai hasil yang ideal sehingga sangat berguna dalam melakukan usaha secara efektif dan efesien untuk mencapai target yang diinginkan. Oleh karena itu, optimasi sangat penting dalam persaingan di dunia industri salah satunya industri makanan. Industri makanan di Indonesia sangat beragam, salah satunya adalah usaha kacang randang Rahmi Pasaman yang bergerak di bidang produksi kacang sebagai bahan baku utamanya. Dalam penjualannya, pemilik usaha kacang randang ini tidak memperhitungkan biaya produksi setiap ukuran kemasannya sehingga dibutuhkan perhitungan biaya produksi menggunakan optimasi dengan metode Goal Programming dan Karush Kuhn Tucker. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil dari masalah optimasi biaya produksi kacang randang Rahmi Pasaman menggunakan metode Goal Programming dan metode Karush Kuhn Tucker. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari pemilik usaha kacang randang Rahmi Pasaman. Penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah optimasi biaya produksi dengan menggunakan metode Goal Programming dan Karush Kuhn Tucker, kemudian data tersebut digunakan untuk menentukan biaya produksi minimum menggunakan metode Goal Programming dan Karush Kuhn Tucker. Hasil perhitungan produksi kacang randang Rahmi Pasaman menggunakan metode Goal Programming untuk mengoptimasi biaya produksi seperti biaya bahan baku, biaya bahan pembantu, dan biaya tenaga kerja yaitu sebesar Rp90.507.500 serta menggunakan metode Karush Kuhn Tucker diperoleh biaya produksi sebesar Rp91.166.374,73.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Sep 2022 08:01
Last Modified: 22 Sep 2022 08:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39848

Actions (login required)

View Item View Item