Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata-Kaki terhadap Kecepatan Tendangan Sabit pada Atlet Pencak Silat Perguruan Anak Nagari Kabupaten Pesisir Selatan

Ilham, Thariq (2022) Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata-Kaki terhadap Kecepatan Tendangan Sabit pada Atlet Pencak Silat Perguruan Anak Nagari Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
A_02_THARIQ_ILHAM_17087095_42_2022_5 jAN.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kecepatan tendangan sabit atlet pencak silat perguruan Anak Nagari Kabupaten Pesisir Selatan diduga oleh daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-kaki yang mempengaruhi kecepatan tendangan sabit. Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh atlet pencak silat perguruan Anak Nagari Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 15 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 16 orang. Data daya ledak otot tungkai diambil menggunakan tes standing broad jump sedangkan data koordianasi mata-kaki diambil menggunakan tes soccer wall volley test dan untuk mengukur kecepatan tendangan sabit digunakan tes kecepatan tendangan sabit. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment sederhana dan ganda. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa dari hasil yang diperoleh daya ledak otot tungkai mempunyai hubungan signifikan dengan kecepatan tendangan sabit atlet putra dan putri pencak silat perguruan Anak Nagari Kabupaten Pesisir Selatan, Ini ditandai dengan hasil yang diperoleh dengan masing-masing nilai rhitung 0,792 > nilai rtabel 0,754 untuk laki-laki dan nilai rhitung 0,903 > rtabel 0,878 untuk perempuan. Terdapat dari hasil yang diperoleh koordinasi mata-kaki mempunyai hubungan signifikan dengan kecepatan tendangan sabit atlet putra dan putri pencak silat perguruan Anak Nagari Kabupaten Pesisir Selatan, Ini ditandai dengan hasil yang diperoleh yaitu dengan nilai rhitung masing�masing nilai rhitung 0,766> nilai rtabel 0,754 untuk laki dan nilai rhitung 0,912 > rtabel 0,878 untuk perempuan. Kemudian terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-kaki terhadap kecepatan tendangan sabit pada atlet putra dan putri Pencak Silat Perguruan Anak Nagari Kabupaten Pesisir Selatan, Ini ditandai dengan hasil yang diperoleh dengan nilai Fhitung 14,35 > nilai Ftabel 5,14 untuk sampel laki-laki dan Fhitung 11,42 > nilai Ftabel 6,94 untuk sampel perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Daya Ledak, Otot Tungkai, Koordinasi Mata-kaki dan Tendangan Sabit
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:22
Last Modified: 22 Sep 2022 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39827

Actions (login required)

View Item View Item