Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Koloid untuk Kelas XI SMA

Rosalia, Rosalia (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Koloid untuk Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ROSALIA_16035075_1550_2022.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan peserta didik agar aktif belajar secara mandiri, mempunyai keterampilan berpikir serta bertindak, kritis, produktif, kerja sama yang baik dan komunikatif. Tuntutan kurikulum dapat diwujudkan salah satunya dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada proses pembelajaran. Model ini menggunakan pendekatan pembelajaran dengan pemberian masalah autentik (nyata). Salah satu materi yang dapat dipelajari dengan menggunakan model PBL yaitu sistem koloid. Materi sistem koloid memiliki kaitan pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis (Problem Based Learning) PBL pada materi sistem koloid serta menentukan validitas dan kategori praktikalitas. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode R&D. Tahapan pengembangan menggunakan model 4D melingkupi define, design, develop dan disseminate yang dibatasi hingga develop dengan menguji validitas dan praktikalitas. Hasil validasi oleh dosen dan guru, disimpulkan LKPD yang dikembangkan telah valid dengan rata-rata nilai 0,87. Uji praktikalitas guru dan peserta didik diperoleh nilai 91,67% dan 88,5% kategori sangat praktis. Diharapkan LKPD ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan aja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:22
Last Modified: 22 Sep 2022 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39824

Actions (login required)

View Item View Item