Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPSq) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 33 Padang

Rizaldi, Rizaldi (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPSq) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 33 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RIZALDI_17029075_2120_2022.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran matematika salah satunya yaitu peserta didik memiliki kemampuan komunikasi matematis. Namun kenyataannya kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas VII SMPN 33 masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil PH materi bilangan bulat rata-rata kelas VII 1 adalah 52,96. Salah satu upaya dalam mengatasi masalah tersebut dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak penerapan model TPSq terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII SMPN 33 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan rancangan one shot case study. Penentuan kelas subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan oleh pendidik mata pelajaran matematika kelas VII SMPN 33 Padang, yang terpilih yaitu kelas VII 1. Hasil penelitian, diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII SMPN 33 Padang pada tes akhir dengan diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square termasuk kedalam golongan baik dengan rata-rata pada kelas subjek adalah 68,39. Serta, terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang berkembang setiap pertemuan, yang dilihat dari latihan yang ada di setiap pertemuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:21
Last Modified: 22 Sep 2022 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39820

Actions (login required)

View Item View Item